Thursday, January 14, 2016

Solusi dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Solusi dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung
Lambung merupakan organ tubuh manusia yang fungsinya sangat vital yaitu sebagai salah satu sistem saluran pencernaan dalam tubuh yang bertugas mencerna makanan. Ketika makanan yang kita makan, akan turun ke lambung melalui bagian kardiak, kemudian makanan tersebut masuk kebagian tengah lambung yang disebut fundus, sehabis dari situ makanan dicerna kembali oleh lambung dengan menggunakan cairan asam lambung yang dikeluarkan oleh dinding lambung atau mukosa, serta kombinasi dari fungsi beberapa bagian dinding lambung lainnya seperti muscularis yang berfungsi untuk mengaduk-aduk makanan yang berada pada lambung.


Maka dari itu peranan lambung terhadap tubuh sangatlah penting, jadi harus dijaga kesehatannya agar kinerja asam lambung itu sendiri tidak terganggu dan bisa bekerja secara optimal serta terhindar dari resiko berbagai penyakit. Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang organ lambung, seperti : Sakit Maag, Lambung mengalami luka, Gastritis, Infeksi Pada lambung, GERD, Radang Lambung dan Kanker Lambung. Penyakit lambung jangan di diamkan begitu saja, karena penyakit lambung dapat mengalami komplikasi.
Baca juga  Cara menyembuhkan penyakit maag secara total

Cara Menjaga Kesehatan Lambung
Untuk menjaga kesehatan asam lambung naik dari berbagai macam serangan penyakit lambung, ada bagusnya kita melakukan langkah antisipasi dari sekarang dengan melakukan cara dibawah ini. Berikut Cara Menjaga kesehatan lambung :
1.Hindari asupan makanan yang pedas dan asam.
Pada saat asupan makanan yang kita konsumsi masuk ke lambung, maka secara otomatis lambung akan langsung mengeluarkan asam HCl. Saat itu apabila asupan makanan pedas dan asam masuk akan membuat lambung menyereksikan asam HCl lebih banyak lagi, yang akan membuat lambung merasa perih.
Baca juga  Cara menyembuhkan penyakit maag secara total

2. Hindari mengkonsumsi minuman yang bersoda dan beralkohol. 
Semakin banyak mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol sangat berisiko terkena gangguan pada lambung, karena efek samping pada minuman bersoda dan beralkohol tersebut dan meyebabkan ketidaknyamanan pada perut dan pemicu terjadi refluks. Refluks merupakan naiknya kembali makanan yang berada pada lambung ke kerongkongan. 

3. Cukupkan nutrisi dalam tubuh dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran.
Banyaknya mengkonsumsi buah dan sayuran yang tinggi akan serat akan membuat asupan nutrisi dalam tubuh terpenuhi sehingga memperkecil resiko terkena penyakit pada lambung . Selain itu juga kandungan serat yang terdapat pada buah dan sayuran dapat membantu menyembuhkan penyakit tukak pada lambung. Namun tetap harus hindari buah dan sayuran yang sifatnya asam.

Baca juga  Cara menyembuhkan penyakit maag

4. Biasakan Mengunyah makanan lebih lama.

Kebiasaan mengunyak makanan dengan lama akan membantu kinerja lambung dalam proses mencerna makanan, sehingga lambung tidak bekerja lebih keras lagi dalam mencerna makanan. Dianjurkan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali sebelum ditelan. Apabila makanan yang tidak dikunyak sampai halus dapat menimbulkan resiko gangguan pada lambung yang akan mengakibatkan asam lambung naik karena makanan tidak dinetralkan terlebih dahulu oleh saliva atau air liur. 

5. Pola Makan yang teratur.
Ketika aktivitas mengalami kepadatan diusahan tetap berusaha makan secara teratur, karena makanan sumber energi dalam tubuh dan makanan yang masuk dalam tubuh secara otomatis lambung akan memproduksi cairan asam lambung, dan apabila ketika tidak ada asupan makanan ke lambung akan akan menyebabkan asam lambung menghancurkan dinding lambung, maka akan mengakibatkan rasa perih pada lambung

 6. Memberikan Suplemen lambung.
Baca juga Cara mengobati maag
Suplemen lambung dapat senantiasa menjaga fungsi-fungsi lambung tetap terjaga, selain itu juga untuk meningkatkan sekresi cairan lambung, dan terhindar dari resiko berbagai penyakit lambung. Sehingga kita sudah mengantisipasi resiko penyakit lambung apabila telat makan.
Baca juga  

Cara Mengatasi Asam Lambung
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada
Asam Lambung Naik Jantung Berdebar 
Asam Lambung Naik
Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Gratis Bisa Di Layanan Konsumen :
PIN BB               : 5E29237F
SMS/WA/Line    : 085221818880Telepon             : 0265 – 324186 (jam kerja)
Atau datang ke alamat klinik kami :



Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya

No comments:

Post a Comment